Langsung ke konten utama

Perbaikan kualitas citra (image enhacement)


Pengolahan citra adalah bidang yang sifatnya multidisiplin ilmu, terdiri dari berbagai aspek , diantaranya : fisika, elektronika, matematika seni, fotografi dan teknologi komputer. Pengolahan citra berhubungan erat dengan disiplin ilmu yang lain. Jika sebuah disiplin ilmu dinyatakan dalam bentuk proses input menjadi output, maka pengolahan citra memiliki input berupa citra dan output berupa citra juga. Materi yang dipelajari dalam mata kuliah pengolahan citra antara lain adalah: memperbaiki kwalitas gambar, dilihat dari aspek radiometrik (peningkatan kontras, transformasi warna, restorasi citra) dan dari aspek geometrik (rotasi, translasi, skala, transformasi geometrik); melakukan pemilihan citra ciri (feature images) yang optimal untuk tujuan analisis; melakukan proses penarikan informasi atau deskripsi obyek atau pengenalan obyek yang terkandung pada citra; serta melakukan kompresi atau reduksi data untuk tujuan penyimpanan data, transmisi data, dan waktu proses data.

Tujuan dari perbaikan kualitas citra (image enhacement) adalah untuk memperbaiki kualitas citra dengan memanipulasi parameter-parameter citra.

Contoh operasi perbaikan citra sebagai berikut :
  • Perbaikan kontras gelap/terang
  • Perbaikan tepian objek (edge enhancement)
  • Penajaman (sharpening)
  • Pemberian warna semu(pseudocoloring)
  • Penapisan derau (noise filtering)
contoh pengolahan citra pada kehidupan sehari-hari
  • Pada bidang perancangan
Dikenal adanya software desain grafis seperti auto cad, 3D MAX semuanya akan berlangsung secara mudah dan lebih spesifik dalam perancangan yang akan dibuat. Memperkecil tingkat kesalahan sehingga akan menghasilkan suatu model yang sama seperti aslinya.
  • Pada bidang hiburan
Banyak sekali contoh dalam bidang hiburan. Misalnya pada film, grafik komputer menghasilkan efek animasi yang baik
  • Pada bidang pendidikan
Grafik komputer pada pendidikan digunakan untuk mempresentasikan objek-objek pada siswa secara nyata, dapat melalui power point ataupun software lainnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

STRUKTUR ORGANISASI PROYEK SISTEM INFORMASI

Project Sponsor adalah seorang manajemen puncak (beserta anggota tim jika perlu), yang diserahkan tugas khusus oleh perusahaan sebagai penanggung jawab proyek sistem informasi. Biasanya seorang Direktur Utama atau Presiden Direktur.

TASK 5 : DYNAMIC ROUTE

Berikut tampilan gui dari cisco tracernya :   Dynamic routing protocol sendiri didefinisikan sebagai routing protocol yang memungkinkan router-router yang dikonfigurasi dapat saling bertukar informasi routing secara dinamis. Tipe dynamic route :