Project
Sponsor
adalah seorang manajemen puncak (beserta anggota tim jika perlu), yang
diserahkan tugas khusus oleh perusahaan sebagai penanggung jawab proyek sistem
informasi. Biasanya seorang Direktur Utama atau Presiden Direktur.
Project
Manager
yang memiliki kompetensi dan keahlian khusus dalam menangani proyek sistem
informasi ini. Selain harus memiliki pengalaman dan pengetahuan dalam menangani
proyek-proyek sejenis (sebagai Project Manager), seorang Project Manager harus
pula memiliki kemampuan leadership yang baik dan tingkat aksetibilitas yang
tinggi di mata perusahaan dan para anggota tim. merencanakan, memonitor, dan
mengontrol proyek sehari-hari.
Project
Management
terdiri dari para praktisi yang biasa menangani aktivitas-aktivitas komersial
berbasis proyek. Fungsinya untuk membantu Project Manager dalam mengontrol
pemakaian sumber daya-sumber daya terbatas dalam proyek (keuangan, SDM, waktu,
kertas, alat-alat tulis, dan lain sebagainya) agar sesuai dengan anggaran yang
telah direncanakan sebelumnya. Mereka pulalah yang harus memberitahu Project
Manager jika ada hal-hal yang dapat mengakibatkan tertundanya proyek dan
memberikan usulan-usulan atau rekomendasi terhadap kendala tersebut. Biasanya
tim ini mempergunakan software khusus, seperti Microsoft Project, Artemis, atau
Primaver, dalam membantu kegiatannya sehari-hari.
Project
Administration adalah tim yang bertanggung jawab terhadap
pengaturan dan penyimpanan segala jenis dokumen yang terlibat dalam proyek.
Mulai dari proposal dan kontrak proyek, sampai dengan hasil wawancara atau
notulen setiap pertemuan formal maupun informal. Disamping dokumen, hal-hal
yang berkaitan dengan komunikasi antara anggota proyek dengan perusahaan dan
vendors juga harus dikelola oleh tim ini. Agar segalanya berjalan dengan
lancar, biasanya Project Administration sudah memiliki standar dokumen dan
prosedur yang harus diikuti oleh seluruh anggota proyek agar proses
administrasi berjalan dengan efektif dan secara efisien.
Quality
Assurance
terdiri dari tim yang mengawasi agar pelaksanaan proyek dapat selalu terjamin
kualitasnya sesuai dengan standar mutu yang ada (standar lokal perusahaan
konsultan yang bersangkutan atau standar internasional seperti ISO). Fokus dari
tim Quality Assurance lebih pada kualitas dari output-output yang dihasilkan
oleh proyek ini, seperti laporan, rekomendasi, desain, perangkat lunak,
perangkat keras, dan lain sebagainya.
Tim
Information Management merupakan kumpulan para ahli manajemen
yang sangat menguasai ilmu informasi untuk kebutuhan bisnis. Menganalisa dan
menangani aspek-aspek bisnis dan manajemen (relationship oriente) dari suatu
sistem informasi (relasi antara sistem informasi dengan fungsi-fungsi
organisasi lainnya, hubungan antara sistem informasi dengan manajemen kunci
perusahaan, dan lain sebagainya) merupakan tanggung jawab dari tim ini,
seperti:
- Pakar analisa cost-benefit akan melihat aspek-aspek informasi dari kacamata pembiayaan investasi dan manfaat yang diberikan kepada perusahaan;
- Para ahli manajemen perubahan yang akan mengusulkan cara terbaik implementasi sebuah sistem baru sebagai pengganti sistem lama;
- Ahli bisnis pada industri dimana perusahaan berada akan sangat mempercepat proses analisa dan meningkatkan kualitas output karena pengalaman yang telah dimiliki;
- Pakar pembuatan perencanaan bisnis perusahaan akan menjaga agar proyek sistem informasi yang dijalankan sejalan dan tidak berada di luar jalur-jalur kerangka strategi perusahaan yang telah disepakati;
- Ahli audit teknologi informasi akan menilai seberapa jauh efektivitas sistem yang ada sekarang dengan kebutuhan bisnis, dan bagaimana keamanan sistem sehubungan dengan kontrol internal perusahaan; dan lain sebagainya
Tim
Sistem Informasi akan memfokuskan diri pada jenis-jenis informasi
apa yang dibutuhkan oleh perusahaan dalam menjalankan bisnis sehari-hari
(demand oriented) dan hal-hal lain yang berkaitan dengannya, seperti:
- Ahli strategi sistem informasi merupakan pakar utama yang dibutuhkan tim untuk mendefinisikan jenis-jenis informasi yang harus dihasilkan dengan segala karakteristiknya bagi perusahaan;
- Pakar manajemen resiko akan melihat resiko bisnis yang mungkin dihadapi seandainya terjadi kesalahan atau hal-hal lain dalam sistem informasi yang dibangun;
- Ahli contingency planning akan mempersiapkan prosedur yang harus dilakukan perusahaan jika ada gangguan teknis sistem yang dapat menggangu aktivitas perusahaan;
- Pakar manajemen proyek akan mempersiapkan strategi dalam menjalankan portfolio proyek sistem informasi yang beragam berdasarkan skala prioritas dan keterbatasan sumber daya;
- Spesialisasi suports dan services yang akan mengajukan usulan bagaimana memelihara sistem informasi setelah proyek selesai dilaksanakan (pasca implementasi), termasuk di dalamnya kemungkinan outsourcing, usulan pembangunan infrastruktur khusus (call center, help desk, dan lain-lain), sampai dengan prosedur-prosedur yang harus dilakukan.
Tim
Information Technology yang merupakan jawaban atas kebutuhan
sistem informasi yang telah didefinisikan (supply oriented). Semua rencana
strategis yang telah disusun oleh kedua tim sebelumnya pada akhirnya harus
diimplementasikan secara teknis. Dilihat dari karakteristik pekerjaannya,
biasanya ada empat jenis pengembangan teknologi yang dilakukan:
- Membangun infrastruktur jaringan teknologi informasi, biasanya berupa proyek-proyek perencananaan dan pembangunan jaringan komunikasi seperti LAN (Local Area Network), WAN (Wide Area Network), Intranet, Internet, dan Extranet;
- Membeli paket software atau hardware yang siap pakai di pasaran dan mengimplementasikannya dalam perusahaan (package implementation);
- Membuat software sendiri berdasarkan kebutuhan dan desain yang dibuat oleh tim yang dibentuk secara khusus oleh perusahaan (custom development atau in-house development); atau
- Melakukan dua atau ketiga hal diatas dan mengintegrasikannya satu sama lain (system integration).
Komentar
Posting Komentar