ini adalah tugas pertama kuliah praktek komputer grafik di PTIK Unnes, super...share aja, moga bermanfaat dan kritik dan saran sangat dibutuhkan gan...go programer!!!
#include <GL/glut.h>//memasukkan library glut
void renderScene(void);//deklarasi fungsi renderScene
//program utama
int main(int argc, char* argv[])
{
glutInit(&argc, argv);//menginisialisasi glut dan memproses argument command_line
glutInitDisplayMode(GLUT_DEPTH | GLUT_SINGLE |GLUT_RGBA);//menggunakan model pewarnaan RGBA atau indek warna
glutCreateWindow("5302410144_YahyaNurIfriza_+");//membuat window dalam konteks openGL
glutDisplayFunc(renderScene);//memanggil fungsi lain
glutMainLoop();//perulangan aplikasi
return 0;
}
void renderScene()//deklarasi isi fungsi renderScene
{
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT | GL_DEPTH_BUFFER_BIT);// Menghapus layar
//persegi atas
glBegin(GL_POLYGON);//pembuatan polygon 1
glVertex2f(-0.2f, 0.2f);//peletakan titik (koordinat) bagian kiri bawah
glVertex2f(-0.2f, 0.6f);//peletakan titik (koordinat) bagian kiri atas
glVertex2f(0.2f, 0.6f);//peletakan titik (koordinat) bagian kanan atas
glVertex2f(0.2f, 0.2f);//peletakan titik (koordinat) bagian kanan bawah
glEnd();//Akhir peletakan titik (program)
//persegi bawah
glBegin(GL_POLYGON); //pembuatan polygon 2
glVertex2f(-0.2f, -0.6f); //peletakan titik (koordinat) bagian kiri bawah
glVertex2f(-0.2f, -0.2f);//peletakan titik (koordinat) bagian kiri atas
glVertex2f(0.2f, -0.2f);//peletakan titik (koordinat) bagian kanan atas
glVertex2f(0.2f, -0.6f); //peletakan titik (koordinat) bagian kanan bawah
glEnd();//Akhir peletakan titik (program)
//persegi kiri
glBegin(GL_POLYGON);//pembuatan polygon 3
glVertex2f(-0.6f, -0.2f); //peletakan titik (koordinat) bagian kiri bawah
glVertex2f(-0.6f, 0.2f);//peletakan titik (koordinat) bagian kiri atas
glVertex2f(-0.2f, 0.2f);//peletakan titik (koordinat) bagian kanan atas
glVertex2f(-0.2f, -0.2f); //peletakan titik (koordinat) bagian kanan bawah
glEnd();//Akhir peletakan titik (program)
//persegi kanan
glBegin(GL_POLYGON);//pembuatan polygon 3
glVertex2f(0.2f, -0.2f); //peletakan titik (koordinat) bagian kiri bawah
glVertex2f(0.2f, 0.2f);//peletakan titik (koordinat) bagian kiri atas
glVertex2f(0.6f, 0.2f);//peletakan titik (koordinat) bagian kanan atas
glVertex2f(0.6f, -0.2f); //peletakan titik (koordinat) bagian kanan bawah
glEnd();//Akhir peletakan titik (program)
glFlush();//mengirim smua objek untuk dirender
}
#include <GL/glut.h>//memasukkan library glut
void renderScene(void);//deklarasi fungsi renderScene
//program utama
int main(int argc, char* argv[])
{
glutInit(&argc, argv);//menginisialisasi glut dan memproses argument command_line
glutInitDisplayMode(GLUT_DEPTH | GLUT_SINGLE |GLUT_RGBA);//menggunakan model pewarnaan RGBA atau indek warna
glutCreateWindow("5302410144_YahyaNurIfriza_+");//membuat window dalam konteks openGL
glutDisplayFunc(renderScene);//memanggil fungsi lain
glutMainLoop();//perulangan aplikasi
return 0;
}
void renderScene()//deklarasi isi fungsi renderScene
{
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT | GL_DEPTH_BUFFER_BIT);// Menghapus layar
//persegi atas
glBegin(GL_POLYGON);//pembuatan polygon 1
glVertex2f(-0.2f, 0.2f);//peletakan titik (koordinat) bagian kiri bawah
glVertex2f(-0.2f, 0.6f);//peletakan titik (koordinat) bagian kiri atas
glVertex2f(0.2f, 0.6f);//peletakan titik (koordinat) bagian kanan atas
glVertex2f(0.2f, 0.2f);//peletakan titik (koordinat) bagian kanan bawah
glEnd();//Akhir peletakan titik (program)
//persegi bawah
glBegin(GL_POLYGON); //pembuatan polygon 2
glVertex2f(-0.2f, -0.6f); //peletakan titik (koordinat) bagian kiri bawah
glVertex2f(-0.2f, -0.2f);//peletakan titik (koordinat) bagian kiri atas
glVertex2f(0.2f, -0.2f);//peletakan titik (koordinat) bagian kanan atas
glVertex2f(0.2f, -0.6f); //peletakan titik (koordinat) bagian kanan bawah
glEnd();//Akhir peletakan titik (program)
//persegi kiri
glBegin(GL_POLYGON);//pembuatan polygon 3
glVertex2f(-0.6f, -0.2f); //peletakan titik (koordinat) bagian kiri bawah
glVertex2f(-0.6f, 0.2f);//peletakan titik (koordinat) bagian kiri atas
glVertex2f(-0.2f, 0.2f);//peletakan titik (koordinat) bagian kanan atas
glVertex2f(-0.2f, -0.2f); //peletakan titik (koordinat) bagian kanan bawah
glEnd();//Akhir peletakan titik (program)
//persegi kanan
glBegin(GL_POLYGON);//pembuatan polygon 3
glVertex2f(0.2f, -0.2f); //peletakan titik (koordinat) bagian kiri bawah
glVertex2f(0.2f, 0.2f);//peletakan titik (koordinat) bagian kiri atas
glVertex2f(0.6f, 0.2f);//peletakan titik (koordinat) bagian kanan atas
glVertex2f(0.6f, -0.2f); //peletakan titik (koordinat) bagian kanan bawah
glEnd();//Akhir peletakan titik (program)
glFlush();//mengirim smua objek untuk dirender
}
Komentar
Posting Komentar